Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Sujud Sahwi

1. Pengertian Sujud sahwi adalah sujud dua kali sesudah tasyahud akhir sebelum salam.  

2. Sebab-sebab dilakukan sujud sahwi adalah antara lain sebagai berikut. 
a. Ketinggalan tasyahud pertama Berdasarkan sabda Sabda Rasulullah saw yang artinya: “Dari Al Mugirah, telah berkata Rasulullah saw: “Apabila salah seorang dari kamu berdiri sesudah dua rakaat tetapi ia belum sampai sempurna berdiri, maka hendaklah ia duduk kembali (untuk tasyahud pertama), dan jika ia sudah berdiri betul maka ia jangan duduk kembali, dan hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi). (H.R. Ahmad) 
b. Kelebihan rakaat, ruku’ atau sujudnya sebab lupa. Berdasarkan sabda Sabda Rasulullah saw yang artinya:  “Dari Ibnu Mas’ud: “Sesungguhnya Nabi saw telah salat zuhur lima rakaat, maka orang bertanya kepada Beliau. Jawab Beliau, tidak. Mereka yang melihat Beliau salat berkata: Engkau telah salat lima rakaat. Mendengar keterangan mereka yang demikian, maka Beliau terus sujud dua kali.” (H.R. al-Bukhari dan Muslim) 
c. Karena syak (ragu-ragu) tentang jumlah rakaat yang telah dikerjakan Sebagian ulama berpendapat bahwa sujud sahwi itu tempatnya sesudah memberi salam, bukan sebelumnya. Hukum sujud sahwi sunnah yang penting adalah untuk imam dan orang yang salat sendiri (munfarid). Adapun makmum wajib mengikuti imamnya. Kalau imam sujud, makmum pun wajib untuk sujud. Apabila imam tidak sujud, maka makmum pun tidak boleh sujud sendiri.  


3. Bacaan sujud sahwi adalah sebagai berikut.  




Artinya: “Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan lupa.” 

4. Tata cara sujud sahwi Tata cara sujud sahwi sebagai berikut: 
a. Lupa atau ragu dalam salat wajib 
b. Takbir 
c. Sujud dua kali setelah membaca atahiyat akhir sebelum salam 
d. Takbir 
e. Dilakukan masih kondisi suci  

5. Mempraktikkan sujud sahwi Praktik sujud sahwi adalah: a. Berniat b. Membaca Takbir c. Melakukan sujud dua kali 


demikianlah artikel tentang Pengertian, Bacaan, dan Tata Cara Sujud Sahwi. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. Dan jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share di bawah. Terima kasih..! ;)